Searching...
Sabtu, 15 Agustus 2015

Tips Merawat Buah Dada untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Tips Merawat Buah DadaUntuk Ibu Hamil Dan Menyusui - Merawat bentuk tubuh untuk perempuan sangatlah penting terkhusus buah dada untuk ibu hamil dan menyusui amat sangat penting, selain untuk kesehatan tubuh, merawat buah dada  ibu hamil juga bermanfaat untuk kesehatan buah hati seorang ibu. Karena ketika sedang hamil wanita akan banyak mengalami perubahan pada bentuk tubuhnya. Khususnya, pada wanita hamil seperti perubahan buah dada , oleh karena itu sangat disarankan pada ibu hamil dan menyusui untuk merawat buah dadanya berdasarkan medis.

Mungkin banyak pertanyaan dalam benak anda kenapa harus melakukan perawatan buah dada  saat hamil? Jawabannya adalah karena ASI merupakan asupan gizi yang terbaik untuk anak kita. Maka rawatlah buah dada dari sekarang. Dan inilah manfaat anda merawat buah dada  dengan baik:
  • Memiliki ASI yang lancar dan baik untuk buah hati.
  • Pangkal buah dada  menjadi lentur dan kuat.
  • Terhindar dari berbagai macam penyakit.
  • buah dada  bersih dan steril untuk buah hati.
Jika Anda mendapatkan manfaat karena merawat buah dada  seperti di atas, maka Anda juga tidak perlu khawatir dengan kebersihan dan kelancaran buah dada  Anda saat menyusui buah hati. Dan ada cara lain agar pangkal buah dada  tetap terjaga kesehatannya. Berikut langkah-langkah untuk merawat pangkal buah dada :

Cara Merawat Buah Dada Saat Akan Menyusui
  • Siapkan handuk, baby oil dan kapas. Letakkan handuk di bawah buah dada . Basahi kapas dengan baby oil. Kompres kedua pangkal buah dada  dengan kapas tersebut selama sekitar 5 menit.
  • Gosok-gosokkan kapas di sekitar pangkal buah dada  untuk mengangkat kotoran. Lumuri kedua tangan dengan baby oil.
  • Untuk jenis pangkal buah dada  yang normal (menonjol ke luar), gunakan ibu jari dan telunjuk yang sudah diolesi minyak, untuk membersihkannya dengan melakukan gerakan memutar ke arah dalam sebanyak 25 kali. Ini bisa membantu meningkatkan elastisitas otot pangkal buah dada .
  • Untuk jenis pangkal buah dada  yang datar atau masuk ke dalam, letakkan kedua telunjuk masing-masing di sebelah kiri dan kanan pangkal buah dada . Lalu tekanlah perlahan, serta hentakkan tiba-tiba ke arah luar menjauhi pangkal buah dada . Setelah itu, letakkan lagi kedua telunjuk masing-masing di atas dan di bawah pangkal buah dada . Tekan lagi perlahan, lalu hentakkan tiba-tiba ke arah luar menjauhi pangkal buah dada . Setelah itu baru ke tahap pemijatan.

Cara Pemijatan Buah Dada Ibu Saat Ingin Menyusui
  • Cara pertama: Tuangkan baby oil atau minyak zaitun ke telapak tangan Anda. Letakkan kedua telapak tangan di antara kedua belah buah dada , kemudian pijatlah mulai dari atas, ke samping luar, ke bawah, lalu menuju pangkal buah dada , sambil mengangkat buah dada  perlahan dan melepaskannya perlahan pula. Lakukan sebanyak 25 kali.
  • Cara kedua: Topang buah dada  sebelah kiri dengan telapak tangan kiri sedangkan tangan kanan dengan sisi kelingking mengurut buah dada . Lakukan hal yang sama dengan buah dada  sebelah kanan, masing-masing 25 kali.
  • Cara ketiga: Topang buah dada  kiri dengan tangan kiri. Gunakan 3 jari tangan kanan untuk membuat gerakan memutar sambil menekan. Lakukan hal yang sama dengan buah dada  sebelah kanan, masing-masing 2 kali. berlanjut ke tahap pengompresan.

Cara Pengompresan Buah Dada  Ibu Menyusui
  • Pengompresan: Kompreslah kedua belah buah dada  dengan kain waslap hangat selama sekitar 3 menit, kemudian diteruskan dengan kain waslap dingin sekitar 3 menit lagi. Gunakan waslap yang terakhir untuk membersihkan buah dada  dari minyak zaitun/jbaby oil bekas pemijatan.

Tips Merawat Buah Dada untuk Ibu Hamil dan Menyusui - Amat disarankan agar memijat buah dada dengan menggunakan bahan yang aman, karena bila menggunakan lotion atau bahan kimia lainya bisa berbahaya akarena ketika sisa lotion atau bahan kimia lainya tidak hilang saat bayi sedang di berikan ASI, bisa menyebabkan keracunan. karena bayi masih sanyat rentan. Baca juga tips-tpis tentang anak di sini


0 komentar:

Posting Komentar

 
Back to top!